Senin, 29 Juli 2013

IHK Jepang di Bulan Juni Meningkat Terbesar Sejak 2008; Gaji dan Upah Belum Menyusul

Pada perdagangan pagi ini telah dirilis data penting dari Jepang (26/07). Data inflasi di Jepang menunjukkan bahwa indeks harga konsumen mengalami kenaikan terbesar sejak tahun 2008 di bulan Juni lalu. Ini merupakan sinyal awal yang menunjukkan bahwa ekonomi Jepang mulai bangkit dari jerat deflasi.
Harga konsumen di luar makanan segar mengalami peningkatan sebesar 0.4 persen di bulan Juni dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan harga konsumen ini melampaui estimasi yang sebesar 0.3 persen. Apabila energi juga dikecualikan harga mengalami penurunan sebesar 0.2 persen.
Usaha PM Shinzo Abe untuk melemahkan yen bersamaan dengan peningkatan harga bahan bakar telah menggeser posisi ekonomi Jepang menjauh dari deflasi yang telah menghantui ekonomi negara ini selama 15 tahun belakangan. Setelah Bank of Japan memulai program stimulus moneter besar-besaran di bulan April, tantangan ke depannya bagi pemerintahan Abe adalah menurunkan regulasi di pasar tenaga kerja untuk bisa mencapai target inflasi sebesar 2 persen.
Ekspektasi inflasi di Jepang mengalami kenaikan. Laporan dari BOJ pada tanggal 5 Juli lalu menunjukkan 80.2 persen orang yang disurvey mengharapkan harga akan mengalami peningkatan dalam 12 bulan ke depan, tertinggi sejak September 2008.
Akan tetapi kenaikan harga konsumen tanpa diiringi dengan kenaikan upah dan gaji akan membahayakan. Ini akan mengurangi daya beli rumah tangga di Jepang. Tingkat upah belum mengalami kenaikan berkesinambungan di Jepang sejak pecahnya gelembung asset di awal tahun 1990an.
(IA/JA/VBN)   (Vibiznews – Economy)
By Ika Akbarwati ,Vibiznews Analyst
Economy Research Senior Analyst - Vibiz Research, Vibiz Consulting
Analis Lulusan FEUI tahun 2006 ini bekerja di Vibiz Consulting sejak tahun 2007.
Hobby: membaca, menonton film
Twitter: @ikaakbarwati


sumber,   http://vibiznews.com/2013-07-26/ihk-jepang-di-bulan-juni-meningkat-terbesar-sejak-2008-gaji-dan-upah-belum-menyusul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar